Dipecat Dari Apple! Dongeng Inspiratif Hidup Steve Jobs

Steve Jobs sendiri mendirikan Apple pada 1 April 1976 di California Amerika, tidak hanya sendiri Steve Jobs mendirikan Apple bersama 2 sobat lainya yaitu Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Apple perusahaan yang ia dirikan merupakan perusahaan teknologi yang merancang, mengembangkan, dan memproduksi barang elektronik, software serta layanan jaringan. Salah satu produk Apple yaitu iPhone, smartphone terbaik dan juga punya harga harga mahal.

Tapi kita tidak akan bahas ihwal Apple lebih lanjut, kita akan membahas pendirinya, yaitu Steve Jobs. Siapa yang tidak kenal Steve Jobs? niscaya tahu ya kan sudah dijelaskan secara singkat diatas. Salah satu yang menarik dari Steve Jobs yaitu kisah hidupnya yang berdasarkan saya eksklusif cukup dramatis, bagaimana tidak ? dia pendiri Apple namun di pecat dari Apple, gila bukan ? begitulah bisnis.

Namun, perlu diketahui kalau Steve Jobs telah meninggal tahun 2011 silam tepatnya tanggal 5 Oktober 2011, walaupun dia telah tiada  namun karya, ucapan dan jasanya tak pernah terlupakan.

Lalu bagaimana kisah hidup Steve Jobs ? kisah inspiratif apa saja selama hidupnya ? Ohh ya, biar gampang dimengerti kita memakai sudut pandang orang pertama (seolah-olah Steve Jobs yaitu saya) dan berikut Kisah Inspiratif Hidup Steve Jobs

Hari ini saya akan menceritakan 3 kisah dalam hidup saya, itu saja tidak ada yang lain hanya 3 kisah. Cerita pertama yaitu ihwal menghubungkan titik-titik, saya drop out dari Reed College sehabis 6 bulan pertama tapi tetap bertahan disana hingga 18 bulan kemudian sebelum benar-benar putus kuliah.

Mengapa saya berhenti sekolah ? itu dimulai sebelum saya dilahirkan, Ibu kandung saya yaitu perempuan muda pascasarjana yang tidak menikah, ibu saya memutuskan biar saya diadopsi oleh orang lain, dia bertekad biar saya diadopsi oleh keluarga sarjana sehingga semuanya dipersiapkan biar saya diadopsi oleh seorang pengacara dan istrinya. Ibu saya kemudian mengetahui bahwa calon ibu saya angkat saya bukanlah lulusan sarjana dan calon ayah angkat saya tidak lulus SMA.

Ibu saya alhasil menolak menandatangani surat adopsi, beberapa bulan kemudian ibu saya mengijinkan saya untuk diadopsi sehabis mereka berjanji akan menguliahkan saya, Inilah awal dari hidup saya.

Dan 17 tahun kemudian, saya benar-benar kuliah. Semua tabungan orang bau tanah dipakai untuk membiayai kuliah saya, sehabis 6 bulan saya merasa tidak ada gunanya kuliah, saya tidak tahu apa yang ingin saya lakukan dalam hidup saya dan merasa bahwa kuliah tidak akan membantu saya menemukan jawabanya. Kaprikornus saya memutuskan untuk berhenti kuliah dan menyakinkan bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Keputusan itu cukup mengerikan, tapi merupakan salah satu keputusan terbaik yang saya perbuat. Ketika sudah berhnti kuliah, saya tidak harus mengikuti kelas yang tidak menarik buat saya dan mulai mengikuti kelas yang jauh lebih menarik buat saya, segalanya tidak selalu menyenangkan, saya tidak punya kamar diasrama jadi saya tidur dilantai kamar sobat saya, saya bahkan mengembalikan botol minuman untuk mendapat 5 sen untuk membeli makanan. Saya berjalan sejauh 7 mil (11,3KM) setiap ahad malam untuk mendapat kuliner yummy di Kuil Hare Khrisna.

Banyak hal yang saya lewati dengan mengikuti rasa ingin tahu dan intuisi yang kemudian menjadi pengalaman berharga. Kamu tidak dapat menghubungkan titik-titik dengan melihat kedepan tapi dengan cara melihat kebelakang, kau juga harus yakin bahwa titik-titik itu akan menghubungkan masa depanmu, kau harus yakin pada istuisimu, takdirmu, kehidupanmu, eksekusi alam atau apapun itu alasannya yaitu dengan meyakini bahwa semua yang terjadi akan saling terhubung akan menawarkan kepercayaan diri untuk mengikuti hatimu meskpiun dilalui dengan sulit. Itulah yang kan menciptakan seala perbedaan.

Cerita ke-2 saya yaitu ihwal cinta dan kehilangan. Saya beruntung, saya menemukan tujuan hidup saya semenjak masih muda, saya dan woz (Steve Wozniak) merintis Apple dari garasi orang bau tanah saya saat saya berusia 20 tahun. Kami berkerja keras dalam 10 tahun Apple berkembang dari kami berdua digarasi menjadi perusahaan 2 milyar dollar dengan lebih dari 4000 karyawan. Kami gres saja meluncurkan produk terbaik kami, Machintos setahun sebelumnya dan saya gres menginjak 30 tahun.

Lalu saya dipecat! usia 30 tahun saya dipecat, beritanya ada dimana-mana. Apa yang menjadi fokus seluruh hidup saya tiba-tiba sirna dan itu menyakitkan, saya benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan selama beberapa bulan. Saya yaitu tokoh publik yang gagal dan bahkan berpikir untuk keluar dari dunia teknologi. Tapi perlahan semnagat mulai muncul, saya masih menyayangi pekerjaan saya. Apa yang terjadi di Apple sedikitpun tidak mengubah saya, meskipun saya ditolak tapi saya masih cinta Apple. Kaprikornus putuskan untuk memulai lagi dari awal, dulu saya tidak menyadari tapi saya sadar bahwa dipecat dari Apple yaitu hal yang terpenting bagi saya.

Hal tersulit bagi orang yang pernah sukses yaitu saat harus memulai dari awal lagi dan rasa kurang yakin pada segala hal. Dan itu menciptakan saya masu kedalam salah satu masa terkreatif dalam hidup saya. Dalan waktu 5 tahun, saya merintis sebuah perusahaan berjulukan NeXT dan perusahaan lain berjulukan Pixar dan jatuh cinta pada seorang perempuan luar biasa yang menjadi istri saya.

Pixar kemudian tumbuh menjadi perusahaan film komputer animasi pertama didunia, Toy Story. Dan kini menjadi studio film animasi palink sukses didunia. Apple membeli NeXT dan saya kembali ke Apple dan teknologi yang kami kembangkan di NeXT menjadi jantung bagi kebangkitan Apple. Saya yakin semua ini tidak akan terjadi kalau saya tidak dipecat dari Apple.

Ini merupakan obat yang pahit tapi sebagai pasien saya membutuhkan, kadang hidup memukul kepalamu dengan kerikil bata tapi jangan kehilangan keyakinan. Saya yakin yang membuatsaya bertahan yaitu dengan menyayangi apa yang saya lakukan, kau harus menemukan apa yang kami cintai. Itu baik untuk pekerjaanmu maupun pasangan hidupmu, pekerjaan akan menghabiskan sebagian besar hidupmu dan satu-satunya cara untuk merasa puas yaitu melaksanakan sesuatu yang kau yakini yaitu pekerjaan yang besar dan satu-satunya cara melaksanakan besar yaitu menyayangi yaitu mencntaipa yang kau kerjakan, kalau kau belum menemukanya teruslah mencari jangan menyerah, hati anda akan mengatakanya bila kau sudah menemukanya.

Dan menyerupai halnya suatu relasi yang baik hal itu akan menjadi lebih baik seiring berjalanya waktu, tetaplah mencari jangan menyerah. Jika kau menjadi hidup seakan-akan hari ini yaitu hari terakhirmu, suatu hari, suatu hari itu akan benar-benar tiba.

Selama 33 tahun terakhir, saya bercermin setiap pagi dan bertanya pada diri saya sendiri Jika hari ini yaitu hari terakhir hidup saya, apa yang saya ingin dan akan lakukan hari ini ? Temukan apa yang kau cintai, yakinlah bahwa semuanya akan indah pada waktunya. Ketahuilah bahwa kita semua punya tantangan, dan tantangan itu menciptakan kita lebih kuat.

Words of wisdom by Steve Jobs.

Itulah kisah hidup dan kisah inspiratif Steve Jobs semasa hidupnya, bagaimana ? keren ya beliau.

Semoga Bermanfaat dan  Semoga Harimu Menyenangkan!