Cara Membersihkan Telinga Bayi dengan Benar dan Aman

 

Kotoran yang menumpuk pada telinga bisa menganggu pendengaran tentunya, hal ini nyatanya tak hanya dialami oleh orang dewasa saja, melainkan juga bisa dialami oleh anak-anak bahkan juga bayi, meskipun mereka jarang beraktivitas di luar, namun kotoran telinga ini sebenarnya adalah hal yang normal terjadi, karena telinga selalu mengeluarkan cairan yang digunakan untuk melindunginya dari resiko infeksi, ditambah dengan paparan udara kotor bisa memicu menumpuknya kotoran telinga pada siapa saja.

Tentunya cara membersihkan telinga  yang dilakukan pada bayi ini berbeda dengan orang dewasa, apalagi mereka juga masih rentan dan pastinya pembersihan juga tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan harus dilakukan oleh bunda. Sehingga indera pendengaran mereka juga tetap terjaga dengan baik dan senantiasa bersih. Lalu sebenarnya kapan waktu terbaik untuk membersihkan telinga bayi ini? tentunya ketika kotoran telinga juga sudah menumpuk dan biasanya akan disertai dengan beberapa gejala layaknya pendengaran yang terganggu, telinga mulai mengeluarkan bau kurang sedap, telinga menjadi gatal ataupun sakit.

Jika terjadi kondisi-kondisi di atas maka bunda juga harus menyadari bahwa terjadi penumpukan kotoran telinga. Sehingga harus segera dibersihkan, berikut ini diantaranya cara mudah membersihkannya yang harus diketahui, karena tidak boleh dilakukan secara sembarangan, yaitu:

1. Memakai waslap dan juga air hangat, waslap yang lembut bisa dijadikan sebagai sarana untuk membersihkan telinga bayi secara rutin setiap harinya, khususnya adalah pada telinga bagian luar. Cara melakukannya juga sangatlah mudah, yaitu:

  • Siapkan waslap yang lembut disertai dengan air hangat.
  • Basahi waslap tersebut dengan memakai air hangat, air hangat ini berguna untuk mempermudah dalam menghilangkan kotoran yang melekat pada telinga bayi.
  • Setelah itu peras dan aplikasikan pada telinga bagian luar mereka, lakukan secara perlahan sampai telinga tersebut bersih, kemudian peras dan lakukan lagi pada telinga yang satunya.
  • Hindari jangan sampai waslap tersebut nantinya masuk kedalam lubang telinga bayi Anda. Karena hal tersebut pastinya juga beresiko untuk menyebabkan air masuk kedalam telinga.

2. Memakai obat tetes, ini adalah alternatif paling mudah untuk membersihkan telinga, khususnya adalah yang ada di bagian dalam. Obat yang satu ini bisa dibeli di apotek dan pemakaiannya sendiri juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, melainkan harus dengan resep dari dokter, apalagi untuk bayi. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengatasi kondisi-kondisi tertentu seperti diantaranya adalah kotoran telinga tersebut sudah mengering dan tidak bisa dikeluarkan. Berikut ini diantaranya langkah-langkah membersihkan telinga bayi dengan memakai obat tetes, yaitu:

  • Baringkan buah hati Anda menyamping pada bagian telinga yang ingin dibersihkan. Tentunya dilakukan secara bergantian.
  • Teteskan obat tersebut sebanyak 5 atau lebih kedalam telinga sesuai dengan anjuran.
  • Pertahankan posisi buah hati tersebut setidaknya selama 10 menit, agar obat ini bisa benar-benar masuk kedalam telinga mereka.
  • Setelah itu Anda bisa segera membalikkan posisi buah hati tersebut menghadap ke bagian sebaliknya. Tentunya lakukan hal tersebut secara bergantian.

Itulah cara membersihkan telinga bayi yang benar dan aman. Patut untuk diperhatikan sebaiknya Anda tidak memakai cotton bud untuk membersihkan telinga bayi, karena bukannya dapat membersihkan, hal ini justru hanya akan membuat kotoran telinga tersebut terdorong semakin kedalam. Cotton bud hanya dianjurkan untuk dipakai membersihkan area telinga luar sambil dibasahi dengan menggunakan air, namun juga harus dilakukan secara hati-hati.